Selasa, 26 Januari 2016

[Day 8 & 9 and Last Day] Seoul Mosque, SMTOWN@Coex Artium, Insadong, Free Hanbok, Ihwa Mural Village and JIMJJILBANG

Day 8 - 18 Mei 2015
Hari ke-8 ini dibuka dengan baper karena SEDIH BENTAR LAGI PULAAANG :"( Karena passion(?) yang begitu besar kepada Korea, jadinya ini fix jadi liburan gue yang paling menyenangkan dan paling ga pengen pulang HUFT :"(

Tujuan pertama lumayan jauhhhhhhh karena kita mau ke exhibition drama You Who Came from The Stars yang diadain di KINTEX yang merupakan center-nya exhibition Korea gitudeh katanya. Kalo pake subway tuh kira-kira 1 jam lebih dan pokonya kalo update path tuh from-nya bukan from Seoul lagi wkwk #penting. Abis nyampe ke subway station , gue dan Rahma langsung nyari bus yang katanya bisa langsung nurunin depan Kintex. Nanya orang-orang terus pada gatau bus-nya. Akhirnya dikasi tau kalo bisa jalan! YIHAAA seneng! Jadi kita akhirnya ngikutin papan penunjuk arah dan JAUH YA TERNYATA! ada kali 1.5km jalan.. dan itu udah hari ke-8 travel ya jadinya kaki pasti dah ga karuan. Pas nyampe Kintex-nya seneng bangeeet dan ternyata tempatnya gede banget! Udah seneng-seneng, ternyata exhibition drama-nya di bagian Kintex yang paling belakang :___) another gempor walk dimulai. Oh iya, Kintex ini juga pernah jadi lokasi syuting Running Man loh.




Setelah sampe di lokasi exhibition-nya. Gue dan Rahma pun beli tiketnya, kalo ga salah sih 12000won. Rada lupa. Pas masuk langsung bahagia karena pernak-pernak syutingnya beneran dipajang yang aslinya. AAAK DO MIN JOON! CHEON SONG YI! Jadi ini drama emang terkenal banget dan laku keras makanya sampe dibikin exhibition-nya gini. Trus pas dateng ga terlalu rame gitu jadi puas foto-foto di lift depan apartemen dan perpusnya Do Min Joon, kamar Cheon Song Yi, dsb dst wkwkwk. Sayangnya sekarang exhibition-nya udah kelar, jadi buat yang mau ke Korea udah ga bisa lagi deh kesini.






Yang ga nonton drama ini atau ga peduli korea-korea-an, pasti nganggep ini useless banget yah. Tapi percayalah guys, makna kebahagiaan tiap orang tuh emang beda-beda :p Dan beginilah caraku berbahagia ha ha ha.

Abis dari Kintex, kehausan dan akhirnya make kupon Starbucks yang dikasi temen gue di kantor hehehe. Kuponnya bisa dipake buat minuman apapun dan gue tauk amat yang gue pesen apaan yang penting gue pesen yang paling mahal dan gak ada di Indonesia wkwkkw.


Dari Kintex, kita balik lagi ke Seoul dan turun di Itaewon. Itaewon ini kaya sisi Seoul yang paling multikultural gitulah. Disini bisa ketemu orang dari berbagai ras dan tentunya paling gampang ketemu orang yang bisa bahasa inggris. Di Itaewon ini juga ada Masjid Seoul yang merupakan satu-satunya Masjid di Seoul :")

Pas nyampe di subway station Itaewon, gue sama Rahma ngeliat ada banner gede buat diskonan taco bell. Karena kita mure, akhirnya tergoda dan jajan taco bell dari diskonan banner ini.

Kelar makan, mau jalan ke Mesjid trus pas nyari-nyari jalan ketemu sama keluarga muda dan satu anaknya yang masih bayi lucuuu parah mau ke Mesjid juga. Mereka dari Iran dan akhirnya kita jalan bareng ke Mesjid sambil nanya-nanya orang. Disaat ini, jiwa haru ala keukhtian gue pun muncul :")

Jalanan ke Mesjid Seoul lumayan ngedaki dan akhirnya kita sampe juga deh di Mesjid-nya. Gue sama Rahma langsung jamak solat Zuhur Ashar dan numpang istirahat disini. Tetiba baper karena nemu Mesjid di negara orang, bisa solat dengan proper, pipis dengan proper (karena toilet-nya ada air)... Dah pokonya baper :')


Kelar solat, gue dan Rahma keliling-keliling Mesjid dan disapa sama sekelompok orang Malaysia yang juga lagi disana. Trus kenalan sama pengurus Mesjidnya yang ternyata orang Indonesia! Mba-mba ini nemenin suaminya yang jadi ustadz di Mesjid ini. Trus abis itu, kita juga disapa sama seorang mahasiswa Korea yang mau nanya-nanya soal ISIS........ *padahal gue sama Rahma ga ngerti* *sok iye aja jawabnya wkwk*

Beberapa jam sesi ukhti, kita akhirnya lanjutin perjalanan mau ke gedungnya YG Entertainment *from ukhti to crazy fangirl*. Berenti di station Hapjeong, keluar lewat Exit 8 dan jalan lurusssss sampe liat gedung YG yang item-item khas.

Sempet nungguin beberapa jam di depan gedung YG ini karena pewe ada free public internet Seoul dan ada convenience store juga jadi bisa jajan-jajan ramyeon. Sempet liat beberapa cewe keluar dari gedung YG ini, kayanya sih trainee-nya gitu.

Abis dari YG, jiwa fangirl masih panas dan akhirnya kita ke SMTOWN@COEX Artium lagiiiii~ yang kemarenan ga puas karena diusik(?) wkwk. YIHAAWWWW akhirnya bisa ngalay-ngalay maksimal.







Ada kali berapa jam tuh di Coex, liat-liat handprinting artis-artis SM dan heboh-heboh "eh tangannya Chanyeol gede! enak kali ya pegangan tangan ma doi!" "eh ini tangannya Ryeowook kecil banget kaya tangan cewe" "Oh My God, kyuttt banget tangan my unnie, Taeyeon!" ----- dan segala macem omongan alay lain antara gue dan Rahma yang lebih baik disensor saja :") #INGAT #YANGPENTINGSENENG #YANGPENTINGBAHAGIA

Day 9 - 19 Mei 2015
Saaaadddddd~ :( udah mau pulang lagi ke Jakarta hikssss. Di hari terakhir ini niatnya udah mau tobat belanja-belanja karena udah kere parah dan udah berapa kali narik duit lagi -_- Tujuan pertama Insadong, kaya pusat belanja souvenir khas Korea gitu deh. Jalanan ini pokonya Korea banget deh bagussss.



Ekspektasi: tobat belanja. Kenyataan: baru keluar subway station, liat toko tas lucu-lucu dan akhirnya belanja kalap lagi *istighfar ukthi*

Jalan-jalan di Insadong ga gitu lama karena emang isinya rata-rata oleh-oleh gitu. Jadinya ya beli beberapa oleh-oleh trus langsung cusss ke Myeongdong (lagi!). Tapi kali ini tujuannya adalah mau ke Korean Tourism Center buat foto pake Hanbok (baju tradisional Korea) gratisan! Pas nyampe langsung daftar dan dapet jadwal pinjem bajunya jam 3 sore, padahal waktu itu masi jam 11an siang hufftttt. Akhirnya turun dulu, keliling Myeongdong cari makan.

Udah sok-sok ide mau makan ini itu, akhirnya makan KFC.......... Trus KFC Korea mahal banget! masa sepotong ayam 3000 won (sekitar 36000 rupiah). Trus gue gatau bahasa inggrisnya paha atas, trus mbanya gabisa bahasa inggris -_- trus gue dikasih dada (euuuhhhh bagian yang paling gue benci). Trus karena dah kere banget akhirnya beli ayamnya doang, trus beli nasi di 7-11 WKWKWKWKWKWKWK. Tapi ternyata ayamnya enak banget lohhhhh, kaya bumbunya kaya gitu. Atau karena laper? entahlah...

Abis kenyang, masih ada waktu sekitar 2 jam-an lagi sampe giliran pake Hanbok. Akhirnya balik lagi ke Tourism Centernya buat internetan gratis (kuota internet hape dah abis soalnya) dan merefleksikan diri karena udah jatuh miskin banget di hari terakhir ini! HIKSSSSSSS. Tips: kontrol belanja deh, kalo engga jadi overbudget parah kaya gue dan Rahma.

Akhirnya giliran poto dateng juga! Hanboknya cute warna biru dan pink gitu. Dan dikasi waktu 20 menit buat foto-foto.






Kelar poto-poto pake Hanbok, agenda selanjutnya sih harusnya ke Mouse Rabbit (cafe-nya Yesung Super Junior) tapi coret! ga ada uang sok-sok ke cafe. Atau ke Sinsa-dong Garosu-gil buat cafe hopping dan ke line store... TETOTTT! NO! Akhirnya nyari-nyari tempat wisata yang gratis dan akhirnya kita memutuskan ke Ihwa Mural Village yang jadi lokasi syuting banyak drama Korea (Rooftop Prince salah satunya). Tapi sebelom itu mau ke Lottemart dulu di Seoul Station buat beli jajan-jajanan buat oleh-oleh. Abis belanja, barang bawaan jadi banyak banget. Ternyata oh ternyata~~ di Lottemart ada free locker buat 2 jam, abis itu kena charge. Akhirnya kita ambil resiko buat naroh barang-barang disitu dan menyelesaikan urusan di Ihwa Mural Village dan ambil koper selama 2 jam. Tapi sifatnya fleksibel, bayar locker juga gapapa (akhirnya emang bayar denda sih kita). Cussss abis itu ke Ihwa Mural Village.

Buat ke Ihwa Mural Village ini, kita turun di subway station Hyehwa. Dan ini ternyata deketan sama Sunkyunkwan University jadinya rameee banget banyak mahasiswa-mahasiswa gitu. Sempet nyasar karena ternyata lumayan jauh gitu dari station. Setelah nanya orang dan nanya Google, akhirnya kita nemu jalan yang bener juga. INI TAPI REKOR JALAN TERNANGIS SIH! Udah hari terakhir, kaki sakit banget gapaham lagi, trus dia tempatnya di atas bukit gitu Ya Allah jauh banget ngedakinyaaaaa. Dan ngedakinya tuh yang bener-bener curam sampe-sampe gue bisa pas jalan kaya megangin jalanannya gitu saking curamnya T____T


Pas udah nyampe, akhirnya ngeliat beberapa rumah yang ada mural-nya. Dan disini mesti tetep naik tangga yang curamnya bikin istighfar banget.








Tempatnya si lumayan bagus dan fotogenik kalo difoto. tapi dont expect too much yah. Rumah yang ada mural-nya ga sebanyak yang dibayangkan. Dan gabisa berisik (ya ngapain juga berisik si) soalnya ini rumahnya adalah rumah penduduk yang beneran masih dihuni.






Trus nemu kaya art-work, sebentuk cewe berkerudung lagi lari LOL

Kelar dari Ihwa Mural Village, kita pun buru-buru ke guesthouse buat ambil koper karena kita udah checkout dan malem itu mau nginep di jimjjilbang!!! (spa ala Korea). Gue milih buat ke Siloam Spa di deket Seoul Station karena lokasinya yang deket sama Seoul Station (besoknya tinggal naik subway ke bandara), trus reviewnya yang mayan bagus dan karena ada sleeping room yang beneran kaya bunk bed. Yang paling penting adalah: ruang tidurnya dipisah cewe cowo dan ada ruangan khusus buat yang tukang ngorok!! yihaaaaa dijamin tidur nyenyak karena ga ada yang berisik :D :D

Nah pas mau ke jimjjilbang ini juga perjuangan karena barang-barang gue sama Rahma banyak banget! masing-masing punya 1 koper segede gaban, 1 kardus isinya snack-snack dan plastik-plastik belanjaan. Mau nangis sih bawanya dari guesthouse. Nah barang-barang ini mau dititipin di loker-nya subway. Tarifnya berapa, rules segala macem dalam bahasa korea semua. Tapi karena dah cape banget akhirnya bodo amat wkwk (tetep belagu walau udah kere). Abis naroh barang-barang akhirnya lega jalan ke spa-nya yang tinggal jalan dikit dan nyebrang dari Seoul station.

Buat nginep di Siloam Spa ini, bayarnya 15000won dan ntar bakal dikasi baju, handuk dan kunci loker. WAAAWWWW SERU! Di spa ini banyak banget ruangan-ruangan buat terapi dengan berbagai suhu, banyak jajanan-jajanan juga dan banyak ahjumma ahjumma keliaran sambil gosip-gosip. Gue sama Rahma bobo dengan nyenyak sampe besokannya~

Last day - 20 Mei 2015
Hari ini bangun subuh-subuh, solat di ruang loker dan ga mandi! KENAPA??? KARENA TRAUMA LIAT SEMUA ORANG MANDINYA BENER-BENER GAPAKE APA-APA... Literally gapake apa-apa... dan gak ada rasa malu gitu, jadi ya gitu deh. Walau cewe semua tetep aja! Akhirnya cuci muka dan gosok gigi doang, langsung cus ke Seoul Station. Pas mau ambil barang, ternyata oh ternyata.... MAHAL BANGET LOKERNYA! Berapa belas ribu seorang... Yasalammmm, tau gitu kan ngikut kata-kata internet aja, cari tempat nitip di travel center di bawah station :") ini juga yang bikin gue mesti ambil uang lagi #YHA.

Setelah drama loker kelar, akhirnya cusss ke Incheon Airport dan pas nimbang bagasi... HA HA HA bagasi gue 31 kilo dan bagasi rahma 27 kilo. Padahal pas pergi bagasi gue 15kilo doang dan Rahma 13 kilo. DAEBAK KOREA!!!

Sedih banget kelar liburan. Tapi akhirnya kesampean juga impian mau ke Korea hehe I will definitely come back again ;)

More stories?
Day 1: My First South Korea Trip
Day 2 & 3: Fangirling Day and Theme Park Daaay in Korea
Day 4 & 5: Hongdae, Gwanjang Market, Nami Island and Petite France
Day 6 & 7: Nanta Show, VIVA POLO, Exploring Dongdaemun, Hangang Park and Hanwoo in Korea!





Tidak ada komentar:

Posting Komentar